·
Khalifah bukan pemimpin di kamus manapun, dia artinya wakil Allah,
atau tangan panjang Allah.
PRAKTIKUM IBADAH
Dr. Abdul majid khon, MA
Lab. PAI
·
Najid mughalazah => Kalo terkena najis mughaladzah di padang
pasir, Alat suci: 1. Air, 2. Tanah, 3. Benda padat. Istinja’ => air, istijmal => tisu, batu (yang
bisa mengisap). Sholat orang dalma keadaan junub, misal tidka ada air sholat,
tapi begitu ada air maka ulangi.
·
Mutawasita:
a.
Aniyah => tangan kena darah tinggal di basu pake air sampe warna
bau hilang.
b.
Hukumiyah => kena daraha yang kering dan kencing tidak kelihatan
tapi maish najis.
·
Udah wudhu trus kena najis (ta’i) wudhu tetap syah tapi cukup
dnegan menghilangkan najis itu. Menghilangkan najis berbeda dengan ahdas, tidka
ada niat untuk najis itu. Najis => ada syarat nggak ada rukun, syaratnya
hilang bau, bersih dll.
·
Kalo udah sholat trus ngaca liat adrah apakah sholat diulangi? Apa
ma’fu? Ma’fu dalam hal makanan dan minuman, kalo sholat ulangi karena syarat
syah sholat itu dari najis. Terasi najis? Ada ulama najis dan ada ulama tidak,
kalo dalam amakann tidka masalah.
·
Sepakat jamaah itu ibadah teragung, namun mereka masih berselisih
pendapat tentang hukumnya, apakah wajib atau tidak bagi laki-laki. Yang
mewajibkan dan tidka sah sholat tanpa berjama’ah => ibnu taimiyah dan ibnul
qayyim. Tapi kesimpulan yang dianbil sholat berjama’ah itu wajib dan tetap syah
walaupun dikerjakan sendiri (termasuk imam syafi’i).
·
Sujud syahwi “Subhanallaha laa yanaamu walaa yashuut”.
·
Masbuk yang belakang sendrian? Dalam buku mazhab syafi’i dan
ahnafi, jika tidka menemukan pasangan tarik orang yang didepan “sesungguhnya
macan akan emmakan kambing yang lagi sendirian”, barisna sudah rapat
disunnahkan untuk emnganbil orang didepan. Tapi nanti kalo ditarik buat dia
berantem dan marah emnding nggak usaah.
·
Kita masbuk dapat tahiyat dapat nggak pahal ajama’ah? Sempurnanya
makmum itu dapat takbiratul ihram bersama imam, dapat pahala 27 cuman beda
hakikatnya.
·
Musholla masjidnya jauh atau nggak muat kalo di arab, amsjid semua
tapi ada masjid jami’ dan ada ligairihi jami’, masjid bis auntuk i’tikaf
sedangkan mushola tidak bsia.
·
Kalo tau imam salah, maka lanjutkan => mufarraq saja, memisahkan
diri dari imam.
·
Kalo kakinya sudah bergeser tidk usah sujud syahwi, langsung salam.
Kalo ada makmum bilang “belum salam pak” ini makmum batal.
·
3 hukum berjama’ah:
1.
Fardu’ain => kalo tidak dimesjid tidak syah, imam ahmad bin
hanbal.
2.
Kifayah => yang penting udah mewakili. Nabi memakai kedua2nya.
3.
Sunnah muakkadah => yang salah di fahami masyarakat..”akh, cuman
sunnah muakkadah” padahal ulama yang mengatakan inis seing melakukan sholat berjam’ah.
Ex; imam syafi’i.
·
Tujuan niat dan lafaz untuk emngingatkan hati jangan smape lupa
hati, rasulullah tidka pernah melafazkan tahun 16 kenabian di syariatkan
wudhu’! mengusap bukan membasuh (airnya
mengalir) untuk kepala. Fagsilu (membasuh), famsahu(menyapu) wajib
sebagian yang seluruhnya sunnha tapi ada yang ulama wajib seluruhnya (kepala). Ra’sun
jamak dari ruusikum, jamak setelah tiga, jadi imam syafi’i 3 helai juga
cukup karean banyak hanafi ¼ kepala.
·
Tayamum itu ketika memindahkan debu itu niatnya, bukan ketika
memasukan ekmuka.
·
Kalo untuk mencuci najis itu harus kasar, kalau untuk tayamum itu
harus halus.
·
Masukan diember kemudian campur dengan yang lain? Teorinya ember
kosong trus kasih air cairnya belakang, ketika air sedikit kejatuhan najis nanti
ajdi najis semua. Air kejatuhan najis maka najis semua, tapi kalo najis
kejatuhan air itu tidak semua.
·
Kulit anjing itu basah baru firus, kalo dengan tanah itu ada
penelitian mematikan virus, kalau dengan sabun itu tidak, pake sabun boleh tapi
tidka harus, keringat itu buakn najis tapi kotor, amni =< kotor. Madi,
wadzi, najis mutawasyito, aklau darah pake sabun biar cepat.
·
Najis kotoran secara fisik, sednagkan hadas kotoran secara batin
·
Penelitian kencing wanita ada daya melekat yang kuat walaupun 2 tahun
ada baunya tapi melekat, Pr mutawasitho.
ULUMUL HADIS
Prof. Dr. Munzier suparta, MA. (Dr. Anshori/sekertaris).
R. 3.14
PROF. DR. MUNZIER SUPARTA, MA.
·
Kita tidak melihat Allah, maka dari rasulullah. Do’a => dialog
mahluk dengan kholik => ini hnaya simbol, hakikatnya kita tidka pernha
melihat/berdialog langsung karena posisi kita sebagai mahluk dan tuhan sebagai
kholik. Manusia tidka bisa berdialog dengan kholik, tapi kholiqpun juga
sebebnarnya tidka bisa berdialog dengan amnsuia. Rasulullah itu manusia tapi
tidak seperti manusia umumnya, tapi rasul diberikan alat untuk sampai ke
kholik.
·
Sama mindaa bbatin rizqi
Allah itu tidka antarkan rezki, tapi Allah hanya menyediakan rizki. Siapapun
yang pengen rezki itu maka dia harus mendatangi rezeki itu dna ini tidka ada
urusan orang yang beriman dengan orang yang tidka beriman.
·
Demikian juga dalam ayat “Ud’uni astajiblakum” ini aktif
bukan pasif “meja tidka bisa berkomunikasi dengan tukang, tukang tau warna dan
kekurangannya”.
·
Sebutan untuk sesuatu yang diluar adat pada rasul:
1.
Mukjizat => setelah besar.
2.
Irhas => masa kecilnya.
3.
Mannas => masa remaja?
DR. ANSHORI, MA
·
Kita membaca sesuatu ilmu dari ilmu trus kita menghina ulama
seperti imam syafi’i.
·
Asbabul wurud hadis => sisi sosiologis => masyarakat Arab.
·
AL-bani abad 20 yang mendoifkan hadis imam bukhari, padahal di
baghdad imam bukhari di akui dan diuji oleh 70 Ulama dan memeberinya jempol,
tapi malah di abad ke-20 kita mendoifkannya yang beliau riwayatkan. Ada di
footnote “di shohihkan oleh Al-Bani’”.
·
Mukhtalif => mudanya bagus hafalannya, begitu besar atau tua
hancur.
·
Tahlilan mayit => dalam kita imsatul ibad, 4 hari tahlil, inonesia islam berbunga-bunga.
Al-Qur’an
II
Tekstualitas => Akal
=> Adat
II
Dialektika
·
Rasulullah diturunkan agama itu ada budaya, beragama itu budaya.
Rasulullah di mekkah tidak berontak terhadap tradisi Quraisy. Ex: Syi’ir =>
syair => maka diturunkan Al-Qur’an. Nabi isya kaumnya suka pada kedokteran,
nabi musa => kaumnya suka pada kekuatan.
·
Sebelum islam datang budaya orang suka suka mennag syair, balap
kuda, memanah dll. Mereka mengelilingi safa dan marwa dan ada berhala disana
dan ada bacaan yang di baca, tapi begitu islam datang apakah menghapus tradisi?
Tidak cuman dihilangkan berhalanya. Begitu pula budaya kita kalo tidka ada
maksiat di dalamnya thats’ok no problem, demikian juga pengharaman khamar, 4
ayat. Ini juga tamsil bahawa harus step by step.
·
Walillahil masyriku wal magrib => jadi kalo saya ngadap manasaja
kan boleh, tapi menurut ulama tidka syah, rasulullah sholat mengahadap kebawah,
ijma’ ulama syaratnya ngadap kiblat.
·
Sosiologi => nabi makan 3 jari. Makannanya apa? Tekstual orang
hanya menerima dari teks (timur tengah), kontekstual => islam nusantara.
·
Haflah nabi tidka boleh kata wahhabi tapi begitu mereka haflahkan
pendirinya abdul wahhab tidak dilarang dan itu dibuat.
·
Jaman anbi tidka ada tariqot tapi nabi puasa, tidka tidur menunggu
wahyu kan ini juga ajaran tariqat. Pesantren moderen => mencetak cendekiawan
=> nurcholis madjid, pesantren tradisional => mencetak ulama. Pendidikan
itu mempengaruhi cara pandang seseorang. Islam nusantara itu anak-anak yang
kritis yang dibimbing oleh gusdur.
·
Kh. Hasyim asy’ari => yang diurusi NU bukan politik tapi sosial
keumatan, tapi kenapa sekarang berbeda? Karean berbeda zaman. Kyainya ngurusi
·
n politik, kapan ngurusin santrinya?.
·
Kita juga harus politik, Politik is Art.
·
Ahmad natsir tidak seperti soekarno, karean dia lulusan timur
tengah (fundamental).
·
Yang ngabil seluruh ilmu dari ibnu taimiyah, amka tidka akan
menantang tasawuf, karena akhir hidupnya beliau bertariqat.
·
Muawiyah monarki buak khilafah apakah sholeh smeua? Tidak, tetapi
kembali kepada orangnya yang harus kita bangun.
·
Sejarah HTI menyelamatkan pola keagamaan di palestina karena berhubungan
dnegan israel, abad 19. Kiyai => jalur poliyik tidka bisa, mellaui oki juga
sudah tdk bisa, lalu nganbil keputusan khilafah jalur internasional, tapi
apakah mungkin?
·
16 M jatuhnya turki usmani (ottoman turki) 1924, islam mulai
pecah-pecah, sekat-sekat2. FPI => indonesia bersyariah, HTI => mau
menggususr pancasila. Buku gusdur “Tuhan itu nggak perlu di bela”. Al-wasilah
=> NTB. Fatwa MUI => berbeda dnegan fatwa mesir. Knp fatwa MUI tidak di
hiraukan orang? Karena kurang memberi
uswah.
·
Abdu syihab az-zuhri, jaman umar bin abdul aziz, dinasti umayyah.
·
Disertasi seorang S3, hadis itu sejak masa rasulullah sudah di
cetak bersamaan dengan Al-Qur’an ini dianbil dari kitab syi’i (syiah).
Sedangkan dalam kitab sunni rata-rata belum di catat dan ditulis pada masa umar
bin abdul aziz. Dan pendapat ini yang emmatahkan argumen para orientalis. Bahwa
hadis banyak yang palsu.
·
Sistem demokrasi muncul pada amsa napolion bonaparte
·
2 majelis rasulullah yaitu:
1.
Majelis hadir, rasulullah ahdir dan ada disitu.
2.
Majelis safar yaitu tidak dalam situasi itu, bisa dalam perang,
domestik dll. Ex: hadis mashul kuffain (sepatu dalam berwudhu).
3.
Hanya Al-Qur’an saja, segaal problem ditanyakan kepada nabi. Suatu
riwayat umar dan hasyim beda dalam emmbaca qur’an, maka turun hadis, qur’an di
turunkan dalam 7 lafaz”,
·
ayyub al-anshori (madinah) sellau jadi makmum masbuq, ditanya nabi
knp? Karena gantian dnegna isterinya kain yang diguankan untuk sholat.
·
perang yamamah => banyak kematian Qurrob (penghafal qur’an)
kuffah (hanya istilah indonesia).
·
Sahabat itu dalam meriwayatkan:
1.
Ta’abud riwayah => teguh
2.
Ikhtiyar riwayah => hati-hati
3.
Tahaririwayah.
Tiga ini ada di “tahlilu riwayah” tidak boleh banyak-banyak
riwayat. Hadis domestik (rumah tangga) jarang mutawatir.
·
Hadis masa sebeblum bukhari tidak ada istilah shohi dn hasan dll,
yang ada hanya dua yaitu : Maqbul dan mardud.
·
Hadis “tidak akan sukses suatu masyarakat kalo dipimpin oleh
seorang perempuan (imam bukhari). Tapi begitu penelitian, mengenai sanadnya
maka dalam titik sannadnya, ada abu bakra, ini adalah generasi sahabat =>
shohih disini, tapi dari tarikhnya, abu bakra seorang penjilat, ingin aisyha
jadi pemimpin setelah rasulullah. Abu hurairah: kok raja persia dipimpin oleh
seorang wnaita? Rasul: itu tidka beres dipimpin wanita. Dan ini di dengar oleh
abu bakra dan saat politik bergejolak abu bakra ini bersama dnegan ali dan
aisyah tidka suka pada ali.
·
Orientasi pendapat:
1.
Gua bangat => dikit-dikit hadis, tidka ada hadis bid’ah, orang
ibadah dikatkan kafir.
2.
Bagi saya => tidak amsalah, walau itu tidak ada hadisnya karena
untuk mendorong.
·
Hadis gadai, rasulullah tidka punya apa-apa lalu beliau gadaikan
baju besinya kepada orang yahudi dan barang yang beliau minta lebih gedde harga
baju besi beliau dari barang yang beliau mint, lalu baju itu jadi jaminan.
·
Mubtadi dan munsab => boleh pake hadis doif, asal diluar masalah
halal dna haram, kalau dunia tidka apa-apa. Antum a’lamubiddunya” kamu
lebih tahu urusna duniamu.
·
Kitabul buyub => penukaran mata uang asing, ada pada msa rasul.
Udah interaksi dengan persia dan romawi, arab => dirham.
·
Penerimaan hadis:
1.
Tidka smeua orang tua
2.
Hasan dan husein umur 5 tahun
3.
Imam syafi’i 7 tahun hafal 30 juz.
4.
Minimal 5 tahun, sudah kenal ayah dna ibu
5.
Tabyi/mayyis => sudah bisa membedakan antara khimar dan kuda.
6.
Anak melihat perbuatan nabi (hadis fi’li) maka bisa dnegan bil
makna.
7.
Tubuliyah => umur dewasa tapi amsih akank-kanak maka tidak bisa
di kategori ini.
·
Rubban => yahudi, rahib => nasrani. Dan ini banyak amsuk
islam dna para sahabat banayk juga bertanya kepada mereka yahudi emmang dulu
sudha cerdas, pendeta nasrani yang amsuk islam serta tokoh periwayat dan
sahabat bertanya kepada dia yaitu Abdullah bin salam dan abdullah bin ka’ab
“israiliyat” boleh diterima tapi di cek, kemudian liat ceritanya apakah sesuai
atau tidak dnegan sejarah. Masa rausl orang yang berpolitik tidka diterima
·
“Man arafa nafsahu faqad arafa rabbahu” ini di kitab hadis tidak akan ketemu tapi ini dari tasawuf, dari
kitab-kitab imam tasawuf, karena ini dari mimpi (laduni)
·
Valentine days
rasa senang spanyol atas keluarnya islam dari daerah mereka keluarnya islam 14
febuari dan bnedera islam di bakar. Memahami islam itu dnegan melihat sejarah
dan dia memahami dnegan ilmu yang lain, jika tidak amka akan muncul
pemahaman-pemahaman yang fundamental.
·
Orang ayhudi sebelum isa itu merindukan sosok mesiatrus muncul isa
“kok tidak sesuai dnegan romawi, miskin, pengenbara, nabi apaan kyak gini tidak
sesuai dnegan romawi dan isa dikejar. Orang-orang eropa tidka percaya dengan
isa yang hidupkan orang mati, dan mereka mengatakan fiktif.
·
Oriental => orang yang belajar tentang timur sedangkan
orientalis yaitu paham.
·
1800 => konsep lahudiyah apakah agama dibutuhkan oleh mansuia?,
1800 di benak orang-orang eropa masih sakit dnegan perang salib, ingat
salahuddin al-ayyubi memenangkan perang slaib. Jargon Ya nabi salam alayka
salahuddin mengingatkan kmebali sosok rasulullah. 1800-1900 pikiran barat amsih
miring tentang islam.
·
Rene darces ini rasional tapi ini dalam islam sudha ada sebelumnya
yaitu Mu’tazilah.
·
Perang dunia dihitung setelah islam hancur, turki ottoman dengan
tentara jenissari ditakuti eropa. 1600 belajar islam kulut, 1800-1900 belajar
islam langsung ke kitabnya. Orang islam bilang ke barat “penelitian anda itu
tidka objektif tapi subyektif, karena barat amsih menaruh dnedam akan perang
salib”.orientalis abad 20 & 21 sudah mulai objektif penelitiannya. Islam
molog “timur belajar ketimur”. Muhammadin => pernyataan melecehkan.
·
Goldzier tokoh orientalis terkenal, knp ada orientalis? Karena ada
perang salib.
·
Tadwin setelah itu muncul musnad, jami’, lalu muwatho’, lalu
mustadroka.
·
Ibnu sina duluan dari pada ibnu miskawaih.
·
Abu abdillah al-hakim (mutasaddil dan diduga syi’i tapi ini
duga’an) kitab “Al-mustadrak, beliau ini menemukan hadis-hadis yang tercacar
yang tidak ada dalam al-bukhari dan muslim.
·
Kalo buka kitab hadis lihat cover kadang ada politik disitu, banayk
wahhabi.
·
Udah ada fatwa masa sahabat yaitu qaul sahabat. Adapun abu bakar
dan umar itu konsenss bukan fatwa.
·
Pendiri hasil hadis riwayah dan dirayah ada tapi tidak smapai
kepada kita.
·
Dalam kitanya imam tirmidzi membagi istilah shohih, hasan, doif.
Dan hasan ini beliau tidak memebrikan definisi yang pasti sehingga muncul
berbeagai istilah, seperti hasan shohih, hasan gharib, hasan shahih gharib. Pendapat
ulama:
1.
Hasan shahih, ini 3 kemungkinan:
a.
Hasan lidzati yang naik menjadi shahih ligairihi, karena mempunya
banyak sanad dan slaing menguatkan satu dengan yang lain.
b.
Sebuah hadis sebagian meniali shahih, sebagian meniali hasan karena
banyak sanad.
c.
Sebuah ahdis yang sanad atau sebagian rawinya diperselisihkan,
sebagian ulama memandnag hasan dan sebagian memandang shahih.
2.
Hasan gharib, 4 kemungkinan:
a.
Hasan yang punya satu sanad
b.
Hasan yang hubungan dengannya denga rawi tertentu hanya mempunyai
satu sanad
c.
Hadis yang banyak sanad tapi yang bernilai hasan Cuma satu.
d.
Hadis yang mempunyai banyak sanad hasan tetapi rawi-rawinya
kesemuanya satu negeri/daerah.
3.
Hasan shahih gharib, 2 kemungkinan:
a.
Hadis ini hanya memiliki satu sanad tetapi sebagian rawinya diperselisihkan;sebagian
ulama memandnag hasan, sedang lain emmandang shahih.
b.
Hadis ini sebagian sanadnya hasan, sebagian yang lain shahih namun
rawi-rawinya kesemuanya satu negeri.[1]
ULUMUL QUR’AN
Prof. Dr. Rif’at syauqi nawawi, MA.
R. 3.16
·
Jiak Al-Qur’an disusun perbab seperti hadis maka misla jika orang
mau menikah yah Cuma ayat tentang menikah saja yang mereka abca dan amalkan
ayat2 yang lain tidka di baca.
·
At-taubah, perang tabuk, perang dengan musyrik, ada pemutusan
perjanjian itu itu dilarang basmalah disana, akrean absmala itu cinta kasih,
ayat itu lanjutan qur’an al-anfal, ada yang bilang at-taubah ahram dna makruh
itu tergantung imamnya. Dimadinah langsung alhamdulillah.
·
Sombong => meolak kebenaran dan merendahkan mansuia.
AL-GAHAZALI
·
Perjalanan hidup manusia bagaikan orang yang menaiki kapal laut
yang besar menuju pulau bernama akhirat mencapai pantai syurga bahagia. Kapal
ini akan singgah disuatu pulau bernama dunia, para penumpang diperbolehkan
turun tapi sebelumnya diingatkan terlebih dahulu bahwa ini hanya sekedar tempat
transit dipulau yang bernama dunia ini, para penumpang boleh menganbil apa yang
mereka perlukan untuk bekal dalam perjalanan tapi jangan lupa, bahwa kapal akan
melanjutkan perjalanan menuju kepualauan akhirat yang kekal dan abadi maka
turunlah para penumpang kepualu yang ebrnama dunia ini, macam-macam tingkah
lakunya ketika mereka mengenjakkan kaki kepulau dunia, ada yang tetap sadar
kepada pesan nakoda, diaturun kepualu yang bernama dunia ini yang hijau ranau,
indah memikat, mempedaya memepsona tapi ia tetap sadar ini cuman tempat transit
ini cuman tempat persinggahan sementara bukan ini tempat yang akan saya tuju,
kapal akan segera berangkat saya harus bersiap-siap dianbilnya apa yang
diperbolehkan dipualu yang bernama dunia ini sebagai bekal menuju perjalanan
akhirat dan setelah itu dia segera kembali ke kapal untuk emlanjutkan
perjalanannya. Ada pula penumpang yang lalai ketika turun kepualau yang ebrnama
dunia ini dia lupa kepada pesan sang nakoda, ia terpedaya oleh hijau ranaunya
kepualauan dunia, sibuklah seluruh waktunya untuk menganbil segala yang ada
dikepualauan dunia ini, ia menyangka bahwa dia sudah smapai ketempat tujuan
yang sebennarnya, dikala pluit kapal berbunyi pertanda kapal akan segera
berangkat rupanya baru sadar dia bahwa ini bukan tujuan yang sebenarnya, ia berusaha kembali
ke kapal tapi sayang tempatnya sudah ditempati oleh orang lain, inilah contoh
dari orang-orang yang kehidupan dunia telah
melalaikan mereka dari pada tujuan akhirat yang lebih celaka adalah
nasib penumpang ketiga mereka yang
tertinggal sama seklai dikepulauan dunia ini, merekalah orang-orang kafir dna
orang-orang munafik, orang-orang musyrik.
·
Insting => warisan genetik, kemmapuan khusus, hampir sama dengan
naluri, pembawaan alami yang tidak didasari perlu belajar. Takwondo itu
memiliki insting yang kuat.
·
Firasat => meramalkan, kata hati munculnya sesuatu, KBBI
perasaan akan terjadi sesuatu tsb, muncul setelah melihat adanya indikasi.
Ja’far shodiq => bisikan hati.
·
Khairi wa sarrihi => baik buruk dari Allah.
·
Di tahqiq => diseleksi
·
Tauqify disusun perintah rasulullah
·
Ittifaq (kesepakatan).
·
Gerakan saparatisme memisahkan diri dari agama.
·
At-taubah sambungan al-anfal.
·
Sombong => merendahkan manusia dan meonalk kebenaran.
·
Isi kandunga Al-Qur’an itu memuat 5 perkara dan itu ada dalam
al-fatihah.
1.
Tauhid => Alhamdulilahirabil alamin
2.
Al-wa’ad dan wa’id => maliki yaumiddin
3.
Tentang ibadah => iyyaka nakbudu...
4.
Hukum dan aturan => ihdinassiratalmustakim...
5.
Tentang => siratallaji .. gairil magdubi alaihim...
Dan masing-masing ini 1000 ayat. Sam asemua.
Penejelasan
USHUL FIQIH
Ruangan 3.15
Dr. Sapiuddin Shidiq, MA.
·
Ushul fiqih itu orang makan tidak usah diberi ikan, tapi beri kail
untuk memancing ikan.
·
Fiqih => orang makan sudah disediakan makanannya. Indonesia
orangnya malas, free port => diindonesia tapi dikelola amerika, knp? Nggak
bisa ngolah? Bodoh. Garam? Inpor! Padahal laut kita banyak. Rohingnya,
palestina dll, ini ummat islam maunya makan saja => akhirnya jadi tamu di
rumah sendiri
·
BSD serpong => orang kampung dapat banyak duit dari cina karena
sudah membeli tanah dengan miliyaran tapi itu duit cepat habis dan tanah sudah
terjual.
·
Kegagalan pelajar adalah karena dia menulis sebelum memahami apa
yang ditulis, seharusnya pahami dulu baru menulis jangan tulis dulu baru
pahami.
·
Praktek fikih sudah ada dijaman nabi jadi tidak mikirin kaedah
karena semua persoalan dijawab oleh nabi.
·
Yang menulis ushul fikih pertama kali adalah imam Abu Yusuf (murid
imam abu hanifah) dalam manuskrip, tapi dalam kondisi yang belum sempurna, yang
sampe kepada kita adalah kitab Ar-risalah => bapak ushul fiqih => imam
syafi’i.
·
Tidak ada di majlis ta’lim ngajarin ushul fiqih.
·
Tujuan ushul fiqih => mengetahui kaidah-kaidah dasar dalam
penetapan hukum
·
Kriteria dikatakan ahli fikih itu => b.arab, balagah, mngerti
isi kandungan Al-Qur’an => hukum sejarah, asbabun nuzul, menguasai kira-kira
hadist Bukhari dan muslim.
·
Ijma => kesepakatan semua ulama mujtahid, bukan ulama madinah
dan makkah saja. Masa sekarang? Mengumpulkan smeua mujtahid ?bisa, melalui
organisasi internasional (OKI).
·
Pengertian zina sekarang berbeda => sperma laki-laki kemudian
yang sudah dikeluarkan dan dimasukkan ketabung. Rusia => jual beli sperma
karena kekurangan orang-orang jenius.
·
Tapi tabung itu menghilangkan sakinah suami istri, karena letak
sakinah keluarga yah di hubungan seksual.
·
Ijma dzanni => praduga. Sarikh => dijaman sahabat juga ada
yang diam.
·
Ra’yi => Qiyas dan ijma’. Ada yang mengatakan Qiyas, ra’yi dan
ijma itu berbeda. Ra’yi => pemikiran, pemikiran yang seperti apa? Ijma dan
Qiyas. Sebab ra’yi itu masih umum.
·
Peletak pertama Qiyas ini adalah imam syafi’i.
·
Syi’ah zahiriyah => Qiyas itu akal-akalan dan itu bisa benar dan
bisa salah. Jangan di katakan “uf” itu memukul, “uf” tetap artinya berkata uff.
Lalu mereka menggunakan Maqasidus-syari’ah. Tujuan syarat:” Menolak
kemudharatan”.
·
Istishab => tidak ada hadis => puasa syawal tidak wajib.
Tsabut =>pernah ada hukum dan bisa berubah jika ada keadaan (dalil) yang
mengubahnya. Ex: semua wajib kasih nafkah, tapi ketika perceraian itu tidak
lagi.
·
Istishab => hukm Al=ibahah al-ashliyyah => sebelum ada yang
menunjukan keharamannya. Ex: pohon di hutan, bebas tapi ketika ada palang/papan
milik pemerintah maka itu haram. Istishab terhadap dalil yang bersifat umum.
=> menafkahkan hasil kerja kita => zakat, kerja, bersifat umum.
·
Syarat mursalah:
1.
mBersifat hakiki & umum
2.
Diterima akal sehat
3.
Tidak bertentangan dengan dalil syara’.
4.
Bersifat kepentingan umum.
·
Sesuatu yang diperselisihkan => tambahan. Kenapa diperselisihkan?
Karena tidak semua imam ini setuju. Bagaimana yang tidak menggunakan? Sebab
dalam yang muttafaq udah cukup.
·
Sim,ktp, dll, tidak ada dalam ijma, qiyas => tapi di tawarkanlah
maslahah mursalah => kan ini perlu.
·
Ijma, umar, abu bakar dan 7 tahun setelah pemerintahan usman, 6
tahun usman dianggap melenceng
·
Syiar => zahiri => tekstual, yang ekstrim => nas (Qur’an),
nas (ahli hadis mereka) dan penafsiran imam mereka, ijma’ ahlul bait => dia
tidak mau pake ijma seluruh sahabat.
·
Moderat => zaidiyah => sama seperti imam hanafi => di pake
Qiyas karenma guru zainal abidin sama dengan guru hanifah. Iran, irak, libanon
=> imamiyah.
·
Kafarat => makanan, pakaian, puasa 2 bulan berturut2 =>
tinggal bilang.
·
Makruh=> dibenci, dampak? Tidak dosa tapi dibenci. Rokok =>
makruh => tidak dosa tapi dibenci.
·
Makruh => yang mengganggu orang lain lebih-lebih merusak diri
sendiri/ diri sendiri lebih-lebih orang lain. Makruh => mngantarkan kepada dosa.
·
Kapan penamaan wajib? Dulu sudah dilakukan tapi penamaan muncul
setelahnya, contoh sholat “waaqimusholah” diketahui wajibnya.
·
Untuk mengetahui fi’il amar ke mandub, fi’il amr ke mubah dll =>
ini memang diperlukan ilmu khusus => balagah, mantik, nahwu, sorof. Dalam
nahwu ada perbedaan2 tentang fi’il amr => di alfiyah. Ketika sering diulang
dalam Al-Qur’an itu wajib. Dan dilihat dari bobot “makan dan minumlah”. Saya
nggak puasa karena saya punya dalil “Qulu wasyrabu” makan dan minumlah, ngapain
puasa?, jika perintah trus setelahnya nanti akan diberi hukuman itu => amr
yang wajib.
Jadi mengidintifikasinya: (a). Sering di ulang, (b). Bobot, (c).
Jika ada hukuman dibelakangnya maka itu wajib.
·
Sadduzzariyat => syafi’i boleh tapi dengan beberapa syarat
·
Tidak sholat jum’at => boleh tapi dengan diam-diam.
·
Memnag dari sumber hukum syar’i itu, yang terima secara umum yaitu
: Al-Qur’an, sunnah, ijtihad, qiyas juga masih ada yang nolak => zahiri.
·
Syafi’i => sumber yang empat itu sudah cukup dan bisa menjawab.
·
Perbedaan hukum syariat dan hukum taklifi? Hukum taklifi => bagian dari hukum syariat, perbedaannya hukum
takhlifi => beban untuk dilakukan atau ditinggalkan dll, tidak ada
penyebabnya.
·
Ditinggalkan karena ada mani’ (penghalang) nikah? Ternyata agamany
beda.
·
Poligami => disikapi proporsional bukan emosional.
1.
Tidak ada hukum Qur’an mudhorat bagi wanita/ummat.
2.
Karena syarat berat => itu sebgai emergency, darurat => bisa
dibuka pintu itu. Kondisi suami istri tidak mampu:
a.
Mandul
b.
Istri penyakit => lemah syahwat. Dari pada jajan di pinggir
jalan? Apa mau nanggung dosa?
·
Aa gym => jama’ah wanita bubar => karena bukan saya wkwkkwkw.
·
PP No. 10 => pegawai harus ijin istri pertama, pilih dua:
1.
Cerai
2.
Pecat.
·
Kalo selingkuh ada hukumannya, inilah hukum diindonesia sudah di
bolak balik.
·
Mutlak dan muqayyad. Mutlaq => di haramkan darah “hurrimat
alikumul maitatu”, lalu di muqayyad pada ayat yang lain “yaitu darah yang
mengalir”.
·
Syarat mafhum mukhaffafah:
a.
Mafhum tidak bertentanagn dengan dalil syara
b.
Yang disebut bukan dalam hubungan menguatkan keadaan: an-nahl: 14,
mafhum mukhofafahnya terlarang makan ikan kering tidak menjadi hujjah.
c.
Yang disebut itu dalam rangkaian sesuatu yang lain, maka mafhum
ukhaffahnya tidak menjadi hujjah: ex albaqarah 187, mafhum boleh mencampuri
istri bila tidak beriktikaf di mesjid tidak jadi hujjah.
d.
Sesuatu yang disebutkan itu bukan sesuatu yang biasa terjadi =>
yang dipelihara umumnya nak tiri dl...
·
Sebenarnya memahami Al-Qur’an bukan dengan berdalih bertentangan
tapi keterkaitan akrena ada aspek munasabah.
·
Rukhsoh wajib kita ambil atau gimana?
1.
Ramayana diskon apa harga Asli? Diskonlah.
2.
Boleh ambil atau tidak, ex perjalanan.
·
Al-habsy, bahwa orang-orang di perang badar tidak membatalkan
puasa.
·
Perbedaan mencuri dan ghadb, kalo gadb menguasai harta orang lain
tanpa sepengetahuan orang itu tapi di kembalikan lagi, kalau mencuri tidak
untuk di kembalikan lagi.
·
Rukhsoh jangan jalan awal, tapi jalan terakhir setelah berusaha.
·
Rukhsoh karena 3:
1.
Gugurnya kewajiban, safar ke malang dijakarta boleh buka puasa.
2.
Pengecualian, jual beli online, biar tidak tanpak akad tapi udah
kbiasaan.
3.
Nasakh, umat sebelum kita, bunuh diri dalam tobat, dan wajib sholat
kemesjid.
·
H.K wadi’i => sebab, syarat, mani’
1.
Sebab => jelas dan dapat diukur. Khamar mabuk (sifat), petunjuk
bagi hukuman:
a.
Sebab diluar batas mukhollaf, masuk bulan ramadhan
b.
Dalam batas, batas mabuk.
2.
Syarat => bergantung adanya hukum. Ex: hubungan perkawinan
sebagai syarat untuk talak, bukan berarti hubungan suami istri jatuh talak.
wudhu menjadi syarat bagi sholat, tidak berarti adanya wudhu untuk sholat.
3.
Mani’ (penghalang) => penghalang bagi adanya hukum. Hubungan
suami istri terhalang karena beda agama dll.
·
Wadi’i dikaitkan dengan hukum taklifi? Bisakah hk. Syariat tegak
tanpa hk. Wadi’i? Tidak. Karena wadh’i untuk menyempurnakan syariat. Syariat
=> tuntunan untuk melaksanakan, meninggalkan atau memilih. Dalam taklif ada
mubah, haram, makruh dll. Pelaksanaan lima hukum tidak bisa dilaksanakan tanpa
ada hukum wadhi’i. Sholat wajib, kalau nggak ada sebab? Gk wajib, sholat dhuhur
jam 11?
·
Dalam makalah ada kata “ditinggalkan karena unsur berat”, kata2
“ditinggalkan” => azimah itu dilaksanakan sebagaimana mestinya, dhuhur 4
raka’at, rukhsoh 2 raka’at. Di tinggalkan maksudnya, dikerjakan tidak
sebagaimana mestinya.
·
Al-shihhah (memenuhi syarat) lawannya Buthlan (tidak memnuhi
syarat).
·
Azimah (seharusnya) lawannya Rukhsoh (tidak seharusnya).
·
Orang yang tinggalkan puasa karena kerja? Syarat itu: anak kecil,
tidur, gila.. nggak ada kerja. Dgn lain:
1.
Qodho’
2.
Lain lagi kalo sakit terus2 permanen, ngapain kerja
3.
Kalo puasa itu membahayakan dia
4.
Niat gak puasa tapi karena kerja ini bisa di ganti.
·
Khafi => pencuri dan pencopet, pencopet ada juru-jurus
tersendiri dan sadar, pencuri diem-diem, potong tangan, tapi hanafi ada dengan
cara lainagar ia jera, lalu ada nabbasy yaitu menganbil harta yang tidak
disukai menurut adat dari dalam kuburan orang yang telah meningal. Jadi khafi
ini awal nya satu tapi begitu di praktekkan banyak satuannya. Dan ini
samar-samar, untuk menghilangkan samar-samarnya diperlukan ijtihad ulama yang
mampu.
·
Khafi, musykil, mujmal, mutasyabbih ini sama-sama lafaz yang tidak
jelas dan lafaz-lafaz yang samar-samar apa yang membedakan? Lihat di contoh.
1.
Khafi makna dengan dalalh yang nyata, pada penerapan ada ketidak
jelasan dari satu-satuannya, contoh mencuri, copet, nabbasy.
2.
Musykil => Quru’ dengan contoh kalimat musytarak.
3.
Mujmal => ayat Global dan perlu bayan (penjelas) contoh Sholat
kamu sebagaimana aku sholat.
4.
Mutasyabbih => hanya Allah yang tahu dan tidak memiliki
indikator lain. Jadi yang ketiga2 nya diatas bisa diketahui dengan indikator
lain yang mutasyabbih itu tidak memiliki indikator.
·
Musykil lafal yang tidak jelas, salah satu lafaz musykil itu
contohnya lafaz musytarak yaitu yang memiliki lebih dari satu makna
·
Mutsyabbih hanya Allah yang tahu seperti Alim lam, yasin, dll tapi
ada ulama yang tetap memaksakan untuk menta’wilkannya ? kita lihat di makalah
itu ada dua pendapat yaitu
1.
Menurut salaf => menyerahkan kepada Allah tidak diperkenankan
untuk menta’wil dll.
2.
Menurut khallaf => diperbolehkan menta’wil dengan tetap menjaga
sifat kesucian Allah.
Dasar khallaf ini dari mana? Padahal di definisi Mutasyabbih adalah
lafaz yang tidak jelas maknanya dan tidak ada indikator dari luar yang
menjelaskan maknanya dan yang mengetahui hakikatnya hanyalah pembuat syariat
yaitu Allah SWT (menurut abdul wahhab khallaf dlm buku pak sapiudin shiddiq).
Nah, trus apa dalil yang melarang kita untuk tidak bisa
menta’wilkan ayat2 mutasyabbih ini?
Maksudnya ini ulama-ulama yang memiliki kemmapuan seperti ma’rifat
itu mampu untuk menta’wilkan, dan itu hanya perkiraan hakikat kebenarannya
hanya allah ulamapun masih takut.
Menurut saya ini emmaksakan kehendak untuk menta’wilkan, adanya
ayat-ayat mutasyabbih ini menunjukan bahwa keterbatasan pengetahuan manusia dan
hanya Allah yang maha tahu segalanya, jadi ayat mutasyabbih janagn dipaksakan
untuk menta’wilkan. Ayat-ayat mutasyabbih ini ayat-ayat panggilan dan seruan
Allah dan untuk manrik perhatian kepada Manusia itu saja, jadi tidak usah ada
ta’wil apa dan lains sebagainya.
·
Muraddif => sinonim
·
Apa hadis ada makna hakiki (Asli) dan majazi (makna pengalihan) ?
contoh hadis bid’ah kata-kata “kullu bd’atin..” secara dhohir semua sesat, tapi
jika kita lihat di Al-Qur’an maka kata-akat “Kullun..” aku menciptakan semua
ini dari Air, padahal ada ynag di ciptakan dari apa, nur, tanah. Jadi tidaks
emua dari air sama dengan hadis nabi tadi.
Bapak => apa hubungannya dengan bid’ah tadi?. Gini, makna hakiki
dan majazi itu dilihat dari karakteristik bahasa bukan hanya Al-Qur’an dan
hadis, dalam kehidupan sehari-haripun ada makna hakiki dan majazi. Ex; kembang
desa itus edang makan bakso, artinya? Perawan des yang cantik. Contoh hadis
makna majazi, “mungkarat falyugayyiru biyadih...” maksudnya melawan kejahatan
dengan kekuasaan”. Ini makna majazi. Makna majazi lain, ketika rasul ke mekkah
di sambut tola’al badru alaina, kata-kata badrun itu artinya purnama taau
purnomo, siapa bulan purnama yang datang yaitu nabi saw.
Hakiki => maksud kata itu ya itu, disebut A maksudnya A.
Majazi => pengalihan,
disebut A padahal maksudnya B.
Tola’al badru, masa bulan datang?
·
Metode istinbat itu ada 2 macam:
1.
Melalui aspek kebahasan dan
2.
Melalui aspek maqasidu syariah.
·
Melalui aspek kebahasaan itu ada dua:
1.
Kejelasan maknanya :
a.
Zhohir (jelas)
Lawannya => a. Khofi
b.
Nas (cukup jelas) Lawannya => b. musykil
c.
Mufassar (jelas sekali)
Lawannya=> c. mujmal
d.
Muhkam (sangat jelas)
Lawannya => d.
Mutasyabbih
2.
Dari penggunannya:
a.
Hakiki dan majazi =. Asli dan pengalihan
b.
Murdoddif ( 2 kata satu makna) dan musytarak (1 makna 2 kata).
c.
Ta’wil. Knp di ta’wil? Karena berbahaya terhadap orang awwam.
·
Syarat mujtahid di bapak ini ada 7, sedangkan menurut Al-Ghazali
itu ada 15 syarat mujtahid, Al-nawawi banyak , Asy-syatibi ada 3, 1). Ngerti
Al-Qur’an, 2). Mengetahui Sunnah, 3). Mengetahui ijma’ terdahulu. Nah, kira2
mana ynag bisa dijadikan acuan? Sama-sama bisa, tapi yang polpuler ini, saya
ambil dari buku pak. Abdul wahhab khallaf.
·
Setelah dijelaskan ada beberapa tingkatan mujtahid itu, apakah
syarat yang ke 7 itu sama saja bagi
mereka? Pemakalah => menurut asumsi kami, masing-masing itu mempunyai syarat
masing-masing. Saya tanyakan ini karena saya logikakan, kalo bicara tingkatkan
berarti bicara anak SD, SMP, SMA, sebab masuk ke SD berbeda syaratnya untuk
masuk ke SMP. Mungkin dari 7 poin itu ada beberapa yang amsuk disitu.
·
Mujtahid Masa’il => Masalah umum saja, dirasa ganjal.
Mujtahid Muqayyad => Salaf.
Di muhammadiyah itu ada namanya => Tarjih dan Tajdid. Dimana
yang tarjih ini tidak menggunakan mazhab tertentu dan metodologinya tidak pake
mazhab tertentu, meletakkan metodologi sendiri, dan mereka mengatakan dirinya
sebagai mujtahid mutlak.
·
Perbedaan mufti dan mujtahid. Mufti itu menjelaskan dan menjawab
masalah. Ijtihad itu bisa dilakukan apa saja tanpa persoalan yang
dipertanyakan. Fatwa => ada pertanyaan dahulu, lalu ada MUI bikin fatwa,
LGBT. Fatwa kontemporer. Ijtihad tanpa pertanyaan bisa. Fatwa krn ini butuh
penjelasan, ex: butuh bedah mayat, jantung, jual beli melalui online.
·
Syarat seorang mufti:
1.
Mukhallaf 7.
Mengetahui ijma dan khilafiyah
2.
Keilmuwan 8.
Mengetahui qiyas
3.
Pribadi baik 9.
Cara menganbil I’la
4.
Mengetahui kaidah ushul fiqh 10.
Cara mentarjih
5.
Tata bahsa Arab 11.
Tidak menganggap agama itu enteng.
6.
Mengetahui nasab dan mansuk
Penjelasan Dosen B.ingris.
Desi nahardini (Lulusan australia) => (R. 19)
·
Grammar, tenses, pronounc, vocal, listening.
·
Desi nahardini => ngajar PBI, Biologi, PGMI, juga pusat
penelitian dan pemberdayaan masyarakat (LP2), latar sekolah => S1 UIN PBI,
S2 => Moned australia state.
·
More civic life, tidak ingin seperti suku asli, membuang suku salah
satu mengubah nasib dengan Education
·
Saya sarankan anda punya Book vocabulary, selama 1 semester, nanti
akhir semester dikumpulkan. Setiap vocabulary, dari reading teks, yang harus
ada itu verb dan kalimat juga, bleh kalimat dari buku ini, di tulis tangan.
·
Yes/No Qusetion => ini pake to be, => is, am , are. Doubel
Question 5W+1H,
·
Can i => sebaya, may i => over you.
·
Where did you buy it?
·
Jika cerita masa lalu pake => V2.
·
KUASAI TENSIS
·
Uniform => seragam
·
Shown with => ditunjukan dengan
·
Indicated by various source => ditunjukan dengan berbagai
sumber. Indicated => ditunukan, various => berbagai. Various kind of
=> berbagai macam.
·
How dep is the sea in ancol?
·
How dep the swimming pool is ? => kata “is” diakhir kata not a
Question but is Statmen. I don’t know how deep the swimming pool is!.
·
Setiap kalimat tanya harus ada to be, kalo tdk ada salah.
·
How told are you? => “Are” => tobe.
·
Salah dan benar:
Salah => How much you get first? => X
Benar => How much manoy dou you get? => bnar. “much”
uncountable noun => tidak bisa dihitung, rise, oil, sugar. A book =>
countable. How money idea? => noun, abstrack noun: loyalty, faction,
education => menggunakan money.
·
Kalo tidak ada verbya anda pake to be,
·
Comprehension => daya tangkap
·
Shope => “ed” =. Ada yang abca ada yang tidak.
·
She collect’s => harus ada s karena dia orang ketiga.
·
Kalau nount depannya harus adjective.
·
Habis subyek harus verb => To, many people (....”disini harus
verb”...)
·
Narrative => simple present, karena ketika cerita adalah ahl
yang sudah berlalu. Predikat => harus ada verb, kalo gk ada verb harus pake
to be.
·
Simple past => verb 2:
Salah
=> i have my breakfeast
Benar
=> i had breakfeast
·
A, an, the => a book, an-hour, a universery, an apple, an
ambrella, jika tidak spesifik pake => a, or an.
·
General => Please give me a book.
Spesifik
=> please give me the book => jelas kita mau buku apa.
·
Untuk translite artikel banyak rancu maka dilakukan adalah membaca
banyak kalimat bahasa ingris.
·
Uts 22, uas => 29 => vocabulary yang sudah dipelajari.
·
Compound word => gabungan dua kata yang tadinya sendiri. Birt
=> lahir, day =. Tanggal. Biry day =. Hari jadi.
·
Clas mate, classroom, classevent.
·
Kalo di pisah bisa? Biasanya pake dengan strip. Ex: seven-member
organisation, right-now, righ-wing organisastion => organisasi sayap kanan.
Heart attack => serangan jantung
·
Yang ada “man”, dan ‘dom” itu biasanya benda freedom, women.
·
I got bord, the move is boring, so i got bord. Iam boring =. Saya
membosankan (salah). Boring => bored => boredom (memmbosankan).
ERROR ANALISIS
·
Error analisis => yang anda pilih itu yang salah.
·
Adjective => untuk mendiskripsikan noun. Ex”She dances
beautiful” => “beatiful” tidak bisa mendeskripsikan dances, dances =>
verb. Untuk menejlaskan verb itu => “adverb”. Jadi yg benar => “she
dances beautifuly => dia menari dengan baik.
·
Beautifuly => adverb, noun => beauty (kecantikan), verb =>
beautify => mempercantik.
1.
Jika “A” di ikuti noun, A book, A ambrella setelah A pasti Noun,
kalo depan ada noun maka depannya noun itu adjective
2.
A zipper (noun).....”verb disini”....Up and down (ketasa dan
kebawah “adverb”).
3.
Open or closes (verb), sebelum verb berarti noun
4.
I’m not a very.....”adjective disini”.....person are you
an....”noun”....
5.
His (kepemilikan) => maka setelah itu harus benda.
6.
Was, were =. Pasti diikuti adjective
7.
Depan adjective itu harus noun.
8.
Habis ‘to”, to speak....”verb”... adjective karena very (sangat) to
dikuti verb walau tidak semua.
9.
Is, am, are => pasti verb ing => what are you thinking
about?. Kalimat kalau tdk ada verb tdk jadi kalimat.
10.
Kalo ada every (kebiasaan) => simple present. Fast =. Adjective
=> setelah ini noun, is => verb => depannya harus noun.
11.
Arm => noun, depan jadi adjective. Many, much => noun.
The Zipper
The zipper is a wonderful
invention. How did people ever live without zippers? They are very common, so
we forget that they are wonderful. They are very strong, but they open and
close very easily. The come in many colors and sizes.
In the 1890s, people in
the United States wore high shoes with a long row of buttons. Clothes often had
rows of buttons, too. People wished that clothes were easier to put on and take
off.
Whitcomb L. Judson, an
engineer from the united states, invented the zipper in 1893. However, his zippers
didn’t stay closed very well. This was embarrasing, and people didn’t buy many
of them. Then Dr. Gideon sundback from sweden solved this problem. His zipper
stayed closed.
A zipper has three parts: 1. There are dozens of metal or plastic hooks
(called teeth) in two rows. 2. These hooks are fastened to two strips of cloth.
The cloth strips are flexibel. They bend easily. 3. A fastener slides along and
joins the hooks together. When it slides the other way, it takes the hooks
apart.
Dr. Sundback put the hooks on strips of cloth. The cloth holds all the
hooks in place. They don’t come apart very easily. This solved the problem of
the first zippers.
MATERI....
TWENTY-ONE DAYS
WITHOUT FOOD
Why would someone decide to stop eating?
We know that the body needs food in order to function. Well, however, many
people fast at some time during their lives, why is this?
Some people fast for political reasons. In
the early 20th. Century, women in england and united state weren’t allowed to
vote. In protest, many women went on fasts. They hoped that fasting would bring
attention to this injustice. Mohandas gandhi, the famous indian leader, fasted
17 times during his life. For gandhi, fasting was a powerful political tool. In
1943, he fasted to bring attention to his country’s need for independence. For
21 days, he went withouth food. Another famous faster was cesar chavez. In the
1960s, he fasted for three weeks. Why? His goal was to bring attention to the
terrible working conditions of farm workers in the United states.
Fasting is also a spiritual practice in
many religions. Every year during the mounth of ramadhan, which is a religious
holiday, Muslims fast from sunrise to sunset. Many hindus fast on special
occasions, as do some christian and buddhists.
Of course, not everyyone fasts for
political or religious reasons. Some people occasionally fast just because it
makes them feel better. The American writer mark twain thought fasting was the
best medicine for common illnesses. Whenever he had a cold or a fever, he
stopped eating completely. He said that this always made his cold of fever go
away. Another american writer, upton sinclair, discovered fasting after years
of overeating, indigestion, and headaches. Hi first fast lasted for 12 days.
During this time, his headaches and stomachaches went away. Sinclair said that
fasting also made him more alert and energetic.
Choosing to go without food can be very
dangerous. However, that doesn’t stop people from fasting for political,
religious, or health reasons.
TRANSLITE
DUA PULUH SATU HARI TANPA MAKANAN
Mengapa
seseorang memutuskan untuk berhenti makan? Kita tahu bahwa tubuh membutuhkan
makanan agar bisa berfungsi. Namun, bagaimanapun, banyak orang berpuasa pada
suatu waktu selama hidup mereka, mengapa ini terjadi?
Beberapa orang
berpuasa karena alasan politik. Pada awal 20. Abad, wanita di Inggris dan
negara bersatu tidak diizinkan untuk memilih. Sebagai protes, banyak wanita
terus berpuasa. Mereka berharap puasa itu akan membawa perhatian pada
ketidakadilan ini. Mohandas gandhi, pemimpin indian yang terkenal, berpuasa 17
kali selama hidupnya. Bagi gandhi, berpuasa adalah alat politik yang hebat.
Pada tahun 1943, dia berpuasa untuk memperhatikan kebutuhan negaranya untuk
kemerdekaan. Selama 21 hari, dia pergi dengan makanan keras. Lain yang terkenal
lebih cepat adalah cesar chavez. Pada 1960-an, ia berpuasa selama tiga minggu.
Mengapa? Tujuannya adalah untuk memberi perhatian pada kondisi kerja pekerja
pertanian yang mengerikan di Amerika Serikat.
Puasa juga merupakan latihan spiritual di banyak agama. Setiap tahun selama bulan ramadhan, yang merupakan hari libur keagamaan, umat Islam berpuasa dari matahari terbit sampai terbenam. Banyak hindus berpuasa pada acara-acara khusus, seperti juga beberapa christian dan buddhists.
Tentu saja, tidak setiap puasa karena alasan politik atau agama. Beberapa orang sesekali berpuasa hanya karena membuat mereka merasa lebih baik. Penulis Amerika itu mengatakan bahwa puasa puasa adalah obat terbaik untuk penyakit umum. Kapan pun ia demam atau demam, ia berhenti makan sama sekali. Dia mengatakan bahwa ini selalu membuat demamnya yang dingin pergi. Seorang penulis Amerika lainnya, upton sinclair, menemukan puasa setelah bertahun-tahun makan berlebihan, gangguan pencernaan, dan sakit kepala. dia puasa pertama berlangsung selama 12 hari. Selama masa ini, sakit kepala dan sakit perutnya hilang. Sinclair mengatakan bahwa puasa juga membuatnya lebih waspada dan energik.
Memilih untuk pergi tanpa makanan bisa sangat berbahaya. Namun, itu tidak menghentikan orang berpuasa karena alasan politik, agama, atau kesehatan.
1
Thai Boxing
Boxing is popular in many countries.
Two fighters wear boxing gloves on their hands. The boxers hit
each other until one is knocked out or until the final bell rings. Each part of
the fight is three minutes long. It is called a round.
Thai boxing is different.
The boxing match begins with
music. Then the two fighters kneel and pray to God. Next, they do
a slow dance that copies the movements of Thai boxing. During this dance, each
fighter tries to show the other that he is best.
Then the fight begins, in Thai
boxing, the fighters can kick with their feet and hit each other with
their elbows and knees. Of course, they hit with their hands, too. Each
round is three minutes long. Then the boxers have a two-minute rest.
Most boxers can fight only five rounds because the kind of fighting is very
difficult.
Thai boxing began over 500 years
ago. If a soldier lost his weapons in a battle, he needed to
fight with just his body. The soldier learned how to use all the parts of their
bodies. In 1560, the Burmese army captured Naresuen, the King of
Thailand, in a war. King Naresuen was a very good boxer. He won his freedom
from Burma by defeating all the best Burmese fighters. When he returned
to Thailand, his people were very proud of him. Thai boxing a popular
sport.
Terjemahan :
Tinju Thailand
Tinju sangat
populer di banyak negara. Dua pejuang memakai sarung tangan tinju di tangan
mereka. Petinju bertabrakan satu sama lain sampai seseorang tersingkir atau
sampai bel terakhir berdering. Setiap bagian dari pertarungan berlangsung tiga
menit. Ini disebut putaran.
Tinju Thailand
berbeda.
Pertandingan
tinju dimulai dengan musik. Kemudian kedua pejuang tersebut berlutut dan berdoa
kepada Tuhan. Selanjutnya, mereka melakukan tarian yang lamban yang mengopi
gerakan tinju Thailand. Selama tarian ini, setiap tempur mencoba menunjukkan
yang lain bahwa dia yang terbaik.
Kemudian
pertarungan dimulai, dalam tinju Thailand, para pejuang bisa menendang dengan
kaki mereka dan saling memukul dengan siku dan lutut mereka. Tentu saja, mereka
memukul dengan tangan mereka juga. Setiap putaran tiga menit. Kemudian para
petinju beristirahat dua menit. Kebanyakan petinju hanya bisa bertarung dalam
lima putaran karena jenis pertempuran sangat sulit.
Tinju Thailand
dimulai lebih dari 500 tahun yang lalu. Jika seorang tentara kehilangan
senjatanya dalam pertempuran, dia harus berjuang hanya dengan tubuhnya.
Prajurit itu belajar bagaimana menggunakan semua bagian tubuh mereka. Pada
tahun 1560, tentara Burma menangkap Naresuen, Raja Thailand, dalam sebuah
perang. Raja Naresuen adalah petinju yang sangat bagus. Dia memenangkan
kebebasannya dari Burma dengan mengalahkan semua pejuang Burma terbaik. Saat
kembali ke Thailand, bangsanya sangat bangga padanya. Tinju Thailand merupakan
olahraga yang populer.
2
Sumo Wrestling
Sumo wrestling is a national
sport in Japan. Every year there are six tournaments, and millions of
Japanese watch them of television. A tournament is a series of matches.
Sumo is almost as old as the nation
of Japan itself. Stories say that there was sumo wrestling over 2,000 years
ago. There are written records of national sumo tournaments in the 8th century.
In many sports, athletes are
thin and can move very quickly. However, sumo wrestler weigh from 100 to 160
kilos (kilograms). One famous wrestler weighed 195 kilos. Sumo wrestlers do not
move quickly, and sumo wrestling is a very siow sport.
Sumo wrestlers start training
when they are boys. They exercise to make their bodies strong. They also
eat a lot.
They wrestle in a round ring
with a sand floor. A wrestler loses the match if he leaves the ring. He is also
the loser if any part of this body except his feet touches the
floor. Each wrestler tries to push the other down on the floor or out of the
ring. Sometimes one wrestler just steps aside when the other
wrestler rushes toward him. Then, the wrestler who is rushing falls down
or moves out of the ring.
Sumo is not very popular in other
countries, but the Japanese think that it is a very exciting sport.
Terjemahan:
gulat sumo
Gulat Sumo adalah olahraga nasional di Jepang. Setiap tahun ada
enam turnamen, dan jutaan orang Jepang menonton televisi mereka. Sebuah
turnamen adalah serangkaian pertandingan.
Sumo hampir sama tuanya dengan bangsa Jepang sendiri. Cerita
mengatakan bahwa ada gulat sumo lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Ada catatan
tertulis dari turnamen sumo nasional di abad ke-8.
Di banyak olahraga, atlet kurus dan bisa bergerak sangat cepat.
Namun, pegulat sumo berbobot 100 sampai 160 kilogram (kilogram). Salah satu
pegulat terkenal beratnya 195 kilo. Pegulat sumo tidak bergerak cepat, dan
gulat sumo merupakan olahraga yang sangat seksi.
Pegulat sumo mulai berlatih saat mereka masih anak laki-laki.
Mereka berolahraga untuk membuat tubuh mereka kuat. Mereka juga makan banyak.
Mereka bergulat dengan cincin bulat dengan lantai pasir. Pegulat
kehilangan koreknya jika dia meninggalkan cincin itu. Dia juga pecundang jika
ada bagian tubuh ini kecuali kakinya menyentuh lantai. Setiap pegulat mencoba
menekan yang lain ke lantai atau keluar dari ring. Terkadang satu pegulat hanya
menyingkir saat pegulat lainnya bergegas mendekatinya. Lalu, pegulat yang
sedang terburu-buru jatuh atau bergerak keluar dari ring.
Sumo tidak terlalu populer di negara lain, namun orang Jepang
menganggapnya sebagai olahraga yang sangat menggairahkan.
3 Tarahumara Foot Races
The Tarahumara live in the mountains
in the state of Chihuahua in northern Mexico. This is an area of high mountains
and deep tropical valleys. It sometimes snows in the mountains in
winter. There are not many roads.
The Tarahumara walk wherever
they need to go. They carry heavy baskets on their backs. Perhaps this
is why the Tarahumara can run many kilometers without getting tired.
They are excellent runners, and they like to organize races.
When the man race, they kick a
wooden ball ahead of them while they run. Before they start racing, they
plan where and how long they will run. They might run just a few
minutes, or they might run for several hours. Sometimes they run in teams, and
sometimes each person runs as an individual.
The women’s races are similar
except taht the women do not kick a ball. They throw a wooden hoop in
front of them with a stick. A hope is a ring, or a circle.
The Tarahumara
play other games and sports. However, they are famous they can run so fast and
so far.
Terjemahan:
Tarahumara Foot Races
Tarahumara
tinggal di pegunungan di negara bagian Chihuahua di utara Meksiko. Ini adalah
area pegunungan tinggi dan lembah tropis yang dalam. Terkadang salju turun di
pegunungan di musim dingin. Tidak banyak jalan.
Jalan Tarahumara
kemanapun mereka harus pergi. Mereka membawa keranjang berat di punggung
mereka. Mungkin inilah mengapa Tarahumara bisa berlari sejauh beberapa
kilometer tanpa lelah. Mereka adalah pelari yang hebat, dan mereka suka
mengatur balapan.
Saat pria itu
berlomba, mereka menendang bola kayu di depan mereka saat mereka berlari.
Sebelum mereka mulai balapan, mereka merencanakan kemana dan berapa lama mereka
akan berlari. Mereka mungkin berjalan hanya beberapa menit, atau mungkin
berjalan selama beberapa jam. Terkadang mereka berjalan dalam tim, dan
terkadang setiap orang berjalan sebagai individu.
Ras wanita
serupa kecuali bahwa wanita tidak menendang bola. Mereka melempar lingkaran
kayu di depan mereka dengan sebatang tongkat. Harapan adalah cincin, atau lingkaran.
Tarahumara
memainkan permainan dan olah raga lainnya. Namun, mereka terkenal mereka bisa
berlari begitu cepat dan sejauh ini.
4
Olympic
Sports
The first modern Olympic Games took
place in Athens, Greece, in the year 1896. Athletes from only 13
countries participated in the Games that year. They competed in 43
different events in just 9 sports (track and field, swimming, cycling,
fencing, gymnastics, shooting tennis, weight lifting and wrestling). In 2004,
the summer Olympic Games took place once again in Athens, Greece. This time
athletes from 202 countries competed in 300 events in 28 sports.
Only five sports have been in every
Olympic Games. They are track and field, swimming, fencing, cycling, and
gymnastics. Other sports come and go in the Olympic Games. For example, tennis
was an Olympic sport from 1896 until 1924. Then it disappeared from the
Olympics until 1988. Baseball, badminton, and taekwondo are more recent
additions to the Olympic Games.
It is the job of the International
Olympic Committee (IOC) to add and remove sports from the Olympic
Games. A sport has to be popular in at least 50 countries on three continents before it can
be added. However, the IOC doesn’t want too add more sports in the Olympic
Games without eliminating others. The IOC is afraid that there will be too many sports in the Olympic.
Terjemahan:
Olahraga Olimpiade
Olimpiade
modern pertama berlangsung di Athena, Yunani, pada tahun 1896. Atlet dari hanya
13 negara berpartisipasi dalam Olimpiade tahun itu. Mereka berkompetisi di 43
acara berbeda hanya dalam 9 cabang olahraga (trek dan lapangan, renang,
bersepeda, pagar, senam, tenis menembak, angkat besi dan gulat). Pada tahun
2004, Olimpiade musim panas sekali lagi terjadi di Athena, Yunani. Kali ini
atlet dari 202 negara berkompetisi di 300 event di 28 cabang olahraga.
Hanya lima
cabang olahraga yang ada di setiap Olimpiade. Mereka adalah trek dan lapangan,
berenang, berpagar, bersepeda, dan senam. Olahraga lainnya datang dan pergi di
Olimpiade. Sebagai contoh, tenis adalah olahraga Olimpiade dari tahun 1896
sampai 1924. Kemudian ia menghilang dari Olimpiade sampai tahun 1988. Bola
basket, bulutangkis, dan taekwondo adalah tambahan yang lebih baru untuk
Olimpiade.
Ini adalah
tugas Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk menambahkan dan menghapus
olahraga dari Olimpiade. Olahraga harus populer di setidaknya 50 negara di tiga
benua sebelum dapat ditambahkan. Namun, IOC tidak ingin terlalu menambah
olahraga di Olimpiade tanpa menghilangkan yang lain. IOC takut akan ada terlalu
banyak olahraga di Olimpiade.
5 The
Postage Stamp
Before the invention of the postage
stamp, it was difficult to send a letter to another country. The sender
paid for the letter to travel in his or her own country. Then the person in the
other country paid for the rest of the trip. If a letter crossed several
countries, the problem was worse.
Rowland Hill, a British teacher, had
the idea of postage stamp with glue on the back. The British post office made
the first stamps in 1840. They were the Penny Black and the Twopence Blue. A
person bought a stamp and put it on a letter. The post office delivered
the letter. When people received letters, they didn’t have to pay
anything. The postage was prepaid.
Postage stamps became popular in
Great Britain immeditely. Other countries started making their own
postage stamps very quickly.
There were still problems with
international mail. Some countries did nnot want to accept letter
with stamps from other countries. Finally, in 1874, a German organized the
Universal Postal Union (UPU). Each country in the UPU agreed to accept letters
with prepaid postage from the other members. Today, the offices of the
UPU are in Switzerland. Almost every country in the world is a member of this
organization. It takes care of any international mail problems.
Today, post offices in every country
sell beautiful stamps. Collecting stamps is one of the most popular hobbies in
the world, and every stamp collector knows about the Penny Black and the
Twopence Blue.
Terjemahan:
Stempel Pos
Sebelum
ditemukannya prangko, sulit mengirim surat ke negara lain. Pengirim membayar
surat tersebut untuk bepergian ke negaranya sendiri. Kemudian orang di negara
lain membayar sisa perjalanan. Jika sebuah surat melintas beberapa negara,
masalahnya lebih buruk.
Rowland Hill,
seorang guru bahasa Inggris, memiliki gagasan tentang perangko dengan lem di
bagian belakang. Kantor pos Inggris membuat perangko pertama di tahun 1840.
Mereka adalah Penny Black dan the Twopence Blue. Seseorang membeli sebuah cap
dan meletakkannya di atas sebuah surat. Kantor pos menyampaikan surat tersebut.
Ketika orang menerima surat, mereka tidak perlu membayar apapun. Ongkos kirim
sudah prabayar.
Perangko mulai
populer di Inggris Raya. Negara lain mulai membuat prangko sendiri dengan
sangat cepat.
Masih ada
masalah dengan surat internasional. Beberapa negara tidak ingin menerima surat
dengan prangko dari negara lain. Akhirnya, pada tahun 1874, seorang Jerman
menyelenggarakan Serikat Pos Universal (UPU). Setiap negara di UPU setuju untuk
menerima surat dengan ongkos kirim prabayar dari anggota lainnya. Saat ini,
kantor UPU ada di Swiss. Hampir setiap negara di dunia adalah anggota
organisasi ini. Ini menangani masalah surat internasional.
Saat ini,
kantor pos di setiap negara menjual perangko indah. Mengumpulkan perangko
adalah salah satu hobi paling populer di dunia, dan setiap kolektor perangko
tahu tentang Penny Black dan the Twopence Blue.
6 The
Umbrella
The umbrella was a very ordinary object.
It keeps the rain and the sun off people. Most umbrellas fold up,
so it is easy to carry them.
However, the umbrella has not always
been an ordinary object. In the past, it was a sign of royalty or
importance. Some African tribes still use umbrellas in this way. Someone
carries an umbrella and walks behind the king or important person.
Umbrellas are very old. The Chinese
had them more than 3,000 years ago. From there, umbrellas traveled to India,
Persia, Egypt. In Greece and Rome, men wouldn’t use them. They believed
umbrellas were only for women.
When the Spanish explorers went to
Mexico, they saw the Aztec king using umbrellas. English explorers saw Native
American princes carrying umbrellas on the east coast of North America.
It seems that people in different parts of the world invented umbrellas
at different times.
England was probably the first
country in Europe where ordinary people used umbrellas against the rain.
England has a rainy climate, and umbrellas are very useful there.
Everybody uses umbrellas today. The
next time you carry one, remember that for centuries only great men and women
used them. Perhaps you are really a king or queen, a princess of prince.
Terjemahan:
Payung
Payung itu
benda yang sangat biasa. Itu membuat hujan dan sinar matahari turun dari
orang-orang. Payung paling banyak dilipat, jadi mudah dibawa.
Namun,
payungnya belum selalu menjadi objek biasa. Dulu, itu pertanda royalti atau
kepentingan. Beberapa suku Afrika masih menggunakan payung dengan cara ini.
Seseorang membawa payung dan berjalan di belakang raja atau orang penting.
Payung sudah
sangat tua. Orang Cina memilikinya lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Dari sana,
payung melakukan perjalanan ke India, Persia, Mesir. Di Yunani dan Roma, pria
tidak akan menggunakannya. Mereka percaya payung hanya untuk wanita.
Ketika
penjelajah Spanyol pergi ke Meksiko, mereka melihat raja Aztec menggunakan
payung. Penjelajah Inggris melihat pangeran asli Amerika membawa payung di
pantai timur Amerika Utara. Tampaknya orang di berbagai belahan dunia menemukan
payung pada waktu yang berbeda.
Inggris mungkin
adalah negara pertama di Eropa dimana orang biasa menggunakan payung melawan
hujan. Inggris memiliki iklim hujan, dan payung sangat berguna disana.
Semua orang
menggunakan payung hari ini. Lain kali Anda memilikinya, ingatlah bahwa selama
berabad-abad hanya pria dan wanita hebat yang menggunakannya. Mungkin Anda
benar-benar seorang raja atau ratu, putri pangeran.
7 Pencils
and Pens
No one knows who invented pencils or
when it happened. A Swiss described a pencil in a book in 1565. He said it was
a piece of wood with lead inside it. (Lead is a very heavy, soft, dark,
gray metal). Pencils weren’t popular, and people continued to write with pens.
They used bird feathers are pens.
Then, in 1795, someone started
making pencils from graphite, and they became very popular. Graphite is
like coal.(Coal is black, and we burn it for heat and energy). Today, people
make pencils in the same way. They grind the graphite, make it into the shape
of a stick and bake it. Then they put it inside a piece of wood. On pencil can
write 50,000 English words or make a line 55 kilometers long.
People wrote with feather pens and
then used pens with metal points. They had to dip the point into Ink
after every few letters. Next, someone invented a fountain pen that could hold
ink inside it. A fountain pen can write several pages before you
have to fill it again.
Two Hungarian brothers, Ladislao and
Georg Biro, invented the ballpoint pen. They left Hungary and
started making ballpoints pen in England in 1943, during World war II. English
pilots liked the pens. They couldn’t write with fountain pens in
airplanes because the ink leaked out. Later, a French companycalled Bic
bought the Biros’ company.
Some people call ballpoint pens
“Bics” Australians call them “biros”. Whatever we call them, we use them
every day.
Terjemahan:
Pensil dan Pens
Tidak ada yang
tahu siapa yang menemukan pensil atau kapan hal itu terjadi. Seorang Swiss
menggambarkan sebuah pensil di sebuah buku pada tahun 1565. Dia mengatakan
bahwa itu adalah sepotong kayu dengan timah di dalamnya. (Timbal adalah logam
yang sangat berat, lembut, gelap, abu-abu). Pensil tidak populer, dan orang
terus menulis dengan pena. Mereka menggunakan bulu burung adalah pena.
Kemudian, pada
tahun 1795, seseorang mulai membuat pensil dari grafit, dan warnanya menjadi
sangat populer. Grafit seperti batu bara. (Batubara berwarna hitam, dan kita
bakar untuk panas dan energi). Saat ini, orang membuat pensil dengan cara yang
sama. Mereka menggiling grafit, membuatnya menjadi bentuk tongkat dan
membuatnya. Lalu mereka memasukkannya ke dalam sebatang kayu. Dengan pensil
bisa menulis 50.000 kata bahasa Inggris atau membuat garis sepanjang 55
kilometer.
Orang menulis
dengan pena bulu dan kemudian menggunakan pena dengan titik logam. Mereka harus
mencelupkan titik ke Ink setelah setiap beberapa huruf. Selanjutnya, seseorang
menemukan pulpen yang bisa menahan tinta di dalamnya. Pena air mancur bisa
menulis beberapa halaman sebelum Anda harus mengisinya lagi.
Dua saudara
laki-laki Hungaria, Ladislao dan Georg Biro, menemukan bolpoin. Mereka
meninggalkan Hungaria dan mulai membuat bolpoin di Inggris pada tahun 1943,
selama Perang Dunia II. Pilot Inggris suka pena. Mereka tidak bisa menulis
dengan pena air mancur di pesawat terbang karena tinta bocor. Kemudian,
perusahaan Prancis memanggil Bic membeli perusahaan Biros.
Beberapa orang
menyebut bolpoin "Bics" orang Australia menyebut mereka
"biro". Apapun yang kita sebut mereka, kita menggunakannya setiap
hari.
8 The
Metric System
People all over the world use grams,
kilograms (kilos), meters and liters. These are all ways to measure
things. They are all part of the metric system.
During the French Revolution
(1789-1799) against the king, the revolutionary government started the metric
system. Before that, every part of France had a different system for measuring
things. Also, cloth makers measured cloth with one system. Jewelers used another
system. Carpenters used another. Other countries used different system.
The revolutionary government wanted one scientific system of measurement. They
asked a group of scientists and mathematicians to invent a system.
The mathematicians and scientists
decided to use the numbers ten, hundred, and thousand for their system.
Next, they had to decide on a
“natural” length. They chose one ten-millionth (1/10,000,000) of the distance
from the equator to the North Pole. They called this distance the meter.
Then they chose the gram for weighting things. A cubic centimeter of
water weighs 1 gram.
Mathematicians and scientists worked
for 20 years until they finally had a complete measuring system. The biggest
problem was measuring the meter.
The metric system was a wonderful
gift to the world. There are only a few countries that don’t use it. The United
States is one. The metric system is truly an international system.
Terjemahan:
Sistem Metrik
Orang-orang di
seluruh dunia menggunakan gram, kilogram (kilogram), meter dan liter. Inilah
semua cara untuk mengukur sesuatu. Mereka semua adalah bagian dari sistem
metrik.
Selama Revolusi
Prancis (1789-1799) melawan raja, pemerintah revolusioner memulai sistem
metriknya. Sebelum itu, setiap bagian dari Prancis memiliki sistem yang berbeda
untuk mengukur sesuatu. Selain itu, pembuat kain mengukur kain dengan satu
sistem. Perhiasan menggunakan sistem lain. Tukang kayu menggunakan yang lain.
Negara lain menggunakan sistem yang berbeda. Pemerintahan revolusioner
menginginkan satu sistem pengukuran ilmiah. Mereka bertanya kepada sekelompok
ilmuwan dan ahli matematika untuk menemukan sebuah sistem.
Para
matematikawan dan ilmuwan memutuskan untuk menggunakan angka sepuluh, seratus,
dan ribu untuk sistem mereka.
Selanjutnya, mereka
harus memutuskan panjang "alami". Mereka memilih jarak tempuh
sepersejuta (1/10,000,000) jarak dari ekuator ke Kutub Utara. Mereka menyebut
jarak meteran ini. Lalu mereka memilih gram untuk pembobotan. Sentimeter kubik
air beratnya 1 gram.
Matematikawan
dan ilmuwan bekerja selama 20 tahun sampai akhirnya mereka memiliki sistem
pengukur yang lengkap. Masalah terbesar adalah mengukur meter.
Sistem metrik
adalah hadiah yang luar biasa bagi dunia. Hanya ada beberapa negara yang tidak
menggunakannya. Amerika Serikat adalah satu. Sistem metrik ini benar-benar
sistem internasional.
9 Great
Athletes
You might think that Olympic
athletes are the healthiest people in the world. It’s true that many are.
However, it’s also true that quite a few Olympic athletes
had to overcome illnesses early in their lives.
One excellent example is Wilma
Rudolph. She competed in track-and-field event in the 1960 Olympic. She didn’t
win just one gold medal. She won three. At the time, people called her
“the fastest women in the world”.
As a young child, Wilma Rudolph
could not participate in the sports. She had a series of serious
illnesses, and then, at the age of 4, she got polio. She lost yhe use of her
left leg, and the doctors said she would never walk again.
The people in Rudolph’s family did
everything they could to help her walk again. Wilma and her mother frequently
traveled 100 miles to get treatment for her leg. Her brothers and
sisters took turns giving her leg a daily messege. Four times a
day, they her do special exercises for her leg. Amaizingly, by the time
Rudolph was 9 years old, she was able to walk again. Before long, she started
playing basketball and running. In high school, she was a track star, and then
she went to the Olympic.
Wilma Rudolph retired from
her career as a runner when she was 22 years old. She then became a
teacher and track coach. Her story encouraged many people to work
hard and to overcome difficulties.
Terjemahan:
atlet besar
Anda mungkin
berpikir bahwa atlet Olimpiade adalah orang paling sehat di dunia. Memang benar
banyak. Namun, ada baiknya juga beberapa atlet olimpiade harus mengatasi
penyakit di awal kehidupan mereka.
Salah satu
contoh yang bagus adalah Wilma Rudolph. Dia berkompetisi di event lapangan dan
lapangan di Olimpiade 1960. Dia tidak menang hanya satu medali emas. Dia menang
tiga kali. Pada saat itu, orang memanggilnya "wanita tercepat di
dunia".
Sebagai anak
muda, Wilma Rudolph tidak bisa berpartisipasi dalam olahraga. Dia mengalami
serangkaian penyakit serius, dan kemudian, pada usia 4, dia mendapat polio. Dia
kehilangan kaki kirinya, dan para dokter mengatakan bahwa dia tidak akan pernah
berjalan lagi.
Orang-orang di
keluarga Rudolph melakukan semua yang mereka bisa untuk membantunya berjalan
lagi. Wilma dan ibunya sering menempuh jarak 100 mil untuk mendapatkan
perawatan untuk kakinya. Saudara laki-laki dan perempuannya secara bergantian
memberi kakinya pesan harian. Empat kali sehari, mereka melakukan latihan
khusus untuk kakinya. Amaizingly, pada saat Rudolph berusia 9 tahun, dia bisa
berjalan lagi. Tak lama kemudian, dia mulai bermain bola basket dan berlari. Di
SMA, dia adalah bintang lagu, dan kemudian dia pergi ke Olimpiade.
Wilma Rudolph
pensiun dari karirnya sebagai runner saat usianya 22 tahun. Dia kemudian
menjadi guru dan pelatih lagu. Ceritanya mendorong banyak orang untuk bekerja
keras dan mengatasi kesulitan.
[1] Daelan M. Daruri, Ulumul hadis II (yogyakarta: fak. Syariah IAIN Sunan
kalijaga yogyakarta, 1988) 84-86.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar